Selasa, 03 April 2018

Cara Menanam Bawang Putih Dalam Pot

Tips Sukses Budidaya Bawang Putih di Pot

Berikut ini adalah Cara Menanam Bawang Putih di Pot dengan panduan lengkap

1. Gunakan Media Tanam yang Gembur

Agar tanaman anda dapat tumbuh optimal, anda perlu menyiapkan media tanam yang gembur agar umbi bawang putih dapat tumbuh dengan bentuk yang bagus, karena pada tanah yang keras atau liat, umbi bawang putih akan sulit untuk tumbuh.

Cara membuat media tanam yang baik adalah dengan menggunakan campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1:1. Penggunaan sekam bakar dinilai lebih baik daripada sekam biasa karena penggunaan sekam biasa yang tidak terbakar dapat menimbulkan resiko kebusukan pada akar, ditambah lagi pada sekam bakar terdapat unsur karbon yang dapat mencukupi kebutuhan tanaman seperti dengan Cara Menanam Cabe Merah

2. Cukup Nutrisi

Gunakanlah pupuk organik yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk menunjang kebutuhan gizi tanaman. Cara membuat pupuk organik adalah dengan memfermentasikan pupuk kandang dengan air yang sudah diberi bioaktivator seperti EM4 dengan perbandingan pupuk kandang dan air sebanyak 2:1. Setelah itu tutup rapat wadah yang anda gunakan untuk memfermentasi kemudian tunggu hingga pupuk sudah matang.

Potong bunga yang tumbuh pada tanaman bawang putih anda, hal ini bertujuan agar nutrisi yang diserap tanaman dapat fokus untuk menumbuhkan umbi daripada memberi makan bunga. Membiarkan bawang putih berbunga hanya akan membuat umbi yang dihasilkan tidak optimal.

3. Tanaman Companion

Tanaman companion adalah metode tumpang sari atau menaman beragam jenis tanaman yang memiliki sifat saling menguntungkan. Anda dapat menaman bawang putih bersamaan dengan sawi, cabai, tomat, tanaman buah-buahan, kubis, dan kentang. Hal ini akan memberikan keuntungan seperti menghindarkan dari beragam hama seperti lalat buah, ulat, siput telanjang, cacing kubis, aphids, dan sebagainya. Hindari penanaman bawang putih bersamaan dengan peterselei, polong-polongan, dan kacang-kacangan.

4. Pencahayaan Penuh

Kebutuhan bawang putih terhadap cahaya matahari sangatlah tinggi, kekurangan cahaya matahari akan menyebabkan terganggunya proses fotosintesis yang menyebabkan bawang putih tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pastikan anda menanam bawang putih di tempat yang mendpat sinar matahari penuh sepanjang hari dan tidak terhalang oleh bayangan apapun agar dapat tumbuh optimal seperti Cara Menanam Bawang Merah

5. Cukup Penyiraman

Air memegang peranan penting dalam menumbuhkan bawang putih di dalam pot. Tidak seperti menanam bawang putih di lahan terbuka, menanam bawang putih di pot membuat tanaman anda memiliki akses ke sumber air yang sangat kecil dan juga akses untuk membuang kelebihan air yang terbatas pada lubang drainase saja.

Penyiraman yang terlalu banyak akan membuat umbi bawang putih membusuk, sedangkan kekurangan air dapat menyebabkan tanaman bawang putih kering dan layu. Sirami bawang putih anda hanya saat tanah mulai kering atau dua kali sehari saat benih masih terlalu kecil dan sekali sehari saat bawang putih sudah cukup kuat.

6. Pengapuran

Bawang putih dapat tumbuh optimal dengan pH antara 6-8. Apabila anda menemui tanah yang digunakan memiliki pH kurang dari itu makan anda perlu memberikan kapur agar pH tanah meningkat. Gunakan kapur dolomit untuk meningkatkan pH tanah jika diperlukan.

7. Penjarangan

Terkadang ada beberapa benih yang tumbuh tidak optimal sehingga perlu dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan bawang putih lainnya, ganti dengan benih baru yang sehat pada tanah kosong yang benihnya baru dicabut. Penjarangan berfungsi agar benih yang tidak tumbuh optimal tidak mengambil nutrisi dalam tanah dan mengganggu pertumbuhan bawang putih lainnya.


KEMBALI KE PONDOK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar